Popular Post

Posted by : Unknown May 9, 2010

Anda akan menemukan sebuah motor induksi di kipas angin, kulkas, vacuum cleaner, mesin cuci, pencuci piring, pakaian kering, dan pompa kecil dalam tangki ikan untuk menghentikan air menjadi hijau. Kemungkinan ada juga satu di AC - kecuali AC itu sudah menggunakan teknologi yang sangat tinggi.


Keuntungan menggunakan motor induksi:
• Murah
• Tenang
• tidak mudah rusak
• tidak membuat suatu interferensi

Kekurangan:
• kecepatan selalu cenderung konstant (50Hz dibagi dengan setengah jumlah kutub)
• Tidak dapat lebih cepat daripada 1500rpm (motor 4-kutub)
• Menarik arus starting yang besar, atau tidak efisien
• Jenis besar dan tebal tergantung dayanya

yang satu ini dikeluarkan dari kipas:




Sebenarnya, body motor telah lepas. Kita dapat menarik keluar rotor dan ini adalah apa yang ingin kita pelajari terlebih dahulu. Ada empat gulungan, dan semua terhubung seri.




apa yang anda lihat tidak sesederhana itu, arus datang dalam kawat berselubung putih, karena yang mengalir pada kawat itu adalah arus AC maka polaritas kutub dari belitan diatas berubah ubah, unutuk siklus listrik positif pertama kutub akan menjadi N S N S.

Setengah siklus listrik kemudian (10 ms) saat ini arah arus berubah begitu juga polaritas kutub, sekarang menjad S N S N. Rotor adalah sebuah konduktor listrik, dan karena itu mencoba untuk mengikuti medan ini ini. Untuk melakukan hal itu harus memutar melalui 90 derajat, sehingga membutuhkan dua siklus penuh listrik (40 ms) untuk membuat sebuah rotasi yang lengkap, dan akan berputar pada 1500 rpm.



Perhatikan baik-baik inti laminasi pada stator, terlihat ada suatu bagian kecil inti laminasi yang dipisah dari bidang laminasi utama. Tujuannya di buat agar motor berputar pada arah yang benar, karena jika terjadi pergantian kutub stator, arah perputaran cenderung berubah tak sesuai yang diharapkan. Penjelasannya seperti ini: pada kutub bantu ini memiliki belitan yang sama dengan belitan inti utama tapi terdapat pita tembaga tipis yang akan bertindak sebagai hubung pendek yang akan menimbulkan perbedaan fasa yang telah diatur yang dapat membangkitkan fluks bantu pada kutub bantu, sehingga fluks ini nampak memberikan suatu ekstra fluks pada bagian tertentu inti utama. Akibatnya ketika rotor berputar fluks bantu akan memberikan suatu torka pada bagian tertentu rotor yang membuat putaran rotor hanya kearah tertentu saja.

kita sudah terlalu jauh membahas stator, nah sekarang kita membahas rotornya, coba lihat gambar di bawah ini:


perhatikan gambarnya, apakah ada yang salah??, ini jelas tidak seperti rangkaian sangkar tupai yang ada di buku teks

yang terlihat disini ialah sebenarnya rotor terbuat dari laminasi besi lunak bundar tipis yang dibuat bertumpuk yang akan menkonsentrasikan fluks pada daerah-daerah tertentu.

Coba anda perhatikan lagi bagian tepi rotor, tampak alur pemisah miring sekitar 30 derajad, apa yang terjadi apakah terjadi hari yang buruk di pabrik????
tentu saja tidak, ini dibuat dimaksudkan untuk mengurangi torka "cogging", jika batang rotor berputar sejajar dengan stator, maka torka akan tiba-tiba muncul dan akan tiba-tiba hilang atau berubah ketika batang sisi rotor melewati kumparan stator. Dengan membuat kemiringkan pada alur pemisah rotor maka torka yang didapatkan rotor akan seragam sehingga putaran rotor menjadi lebih stabil.

Ada banyak lagi jenis motor induksi yang lain namun hanya ini yang sempat saya bahas.

"Boleh copas asalkan sumbernya dicantumkan"

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © Learn - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -